Selamat datang di Whistleblowing System

Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh BNPB bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan BNPB.

Anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena BNPB akan MERAHASIAKAN IDENTITAS DIRI ANDA sebagai whistleblower. BNPB menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus kami kepada materi informasi yang Anda Laporkan.

Laporkan
About Logo
Tentang Whistleblowing System
Unsur Pengaduan

Pengaduan Anda akan mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur sebagai berikut:

  • What: Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
  • Where: Dimana perbuatan tersebut dilakukan
  • When: Kapan perbuatan tersebut dilakukan
  • Who: Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
  • How: Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb.)
Kerahasiaan Pelapor

Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai whistleblower karena Badan Nasional Penanggulangan Bencana hanya fokus pada informasi yang Anda laporkan.

Agar Kerahasiaan lebih terjaga, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jika ingin identitas Anda tetap rahasia, jangan memberitahukan/mengisikan data-data pribadi, seperti nama Anda, atau hubungan Anda dengan pelaku-pelaku.
  • Jangan memberitahukan/mengisikan data-data/informasi yang memungkinkan bagi orang lain untuk melakukan pelacakan siapa Anda.
  • Hindari orang lain mengetahui nama samaran (username), kata sandi (password) serta nomor registrasi Anda.
About Logo
Cara Melapor di Whistleblowing System
  1. Klik tombol "Login", lalu isikan Username dan Password Anda.
  2. Jika Anda belum terdaftar, klik tombol "Register" dan isikan data diri Anda lalu klik tombol "Register", maka Anda akan otomatis login ke Aplikasi.
    • Buat Nama Samaran (username) dan Kata Sandi (password) yang Anda ketahui sendiri
    • Gunakan nama yang unik dan tidak menggambarkan identitas Anda
  3. Klik menu "Pengaduan" untuk merekam pengaduan baru.
  4. Klik tombol "Tambah Pengaduan" untuk menambahkan pengaduan baru
  5. Isi form Tambah Pengaduan sesuai informasi yang anda ketahui, lalu klik tombol "Lanjut"
  6. Perhatikan baik-baik beberapa hal di bawah ini:
    • Semua kotak yang diberi tanda (*) wajib diisi.
    • Pastikan informasi yang diberikan sedapat mungkin memenuhi unsur 4W + 1H
  7. Jika anda memiliki bukti dalam bentuk file seperti foto atau dokumen lain, silahkan dilengkapi di halaman pengaduan.

    Caranya:

    Setelah membaca petunjuk untuk menyertakan lampiran, klik kotak kecil di bawah petunjuk tersebut, dan lanjutkan prosesnya.
  8. Setelah selesai mengisi, silahkan klik tombol "Kirim" untuk melanjutkan atau klik tombol "Hapus" untuk membatalkan proses pelaporan anda.
  9. Halaman berikutnya memberi kesempatan bagi anda yang ingin mencetak nomor register pengaduan.
    • Catat dan simpan dengan baik Nama Samaran (username) dan Kata Sandi (password).
    • Simpan dengan baik nomor register yang Anda peroleh saat melakukan pengaduan untuk mengetahui status/ tindak lanjut pengaduan yang Anda sampaikan.
    • Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan menghubungi Anda melalui saluran yang telah Anda cantumkan dalam Form Pengaduan, apabila pengaduan yang Anda sampaikan belum memenuhi kriteria untuk ditindaklanjuti.
FAQ

Frequently Asked Questions

Apakah aplikasi Whistleblowing system' BNPB ini?

Aplikasi ini adalah aplikasi pengelolaan dan tindak lanjut pengaduan serta pelaporan hasil pengelolaan pengaduan internal yang disediakan oleh BNPB sebagai salah satu sarana bagi setiap pejabat/pegawai BNPB sebagai pihak internal untuk melaporkan Dugaan adanya pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang dilakukan Atau diberikan oleh pejabat/pegawai BNPB.

Berapa lama respon atas pengaduan yang disampaikan oleh pelapor?

Sesuai dengan Perka BNPB jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan Dalam kurun waktu paling lambat 30 hari terhitung sejak pengaduan diterima.

apakah nomor registrasi itu dan apa yang harus dilakukan terhadap nomor register ini?

Nomor register adalah nomor yang digunakan sebagai identitas pelapor dalam melakukan Komunikasi tidak langsung antara pihak pelapor dengan penerima laporan yang didapatkan Setelah pelapor menyampaikan laporan pelanggaran melalui aplikasi ini.simpan dengan baik Nomor registrasi yang anda peroleh jangan sampai tercecer dan diketahui oleh pihak yang tidak berhak karena pelayanan untuk mengetahui status tindak lanjut pengaduan yang disampaikan hanya dapat diberikan melalui nomor register tersebut.

Apakah kerahasiaan identitas saya sebagai pengadu/pelapor terjaga?

Kerahasiaan identitas anda sebagai pelapor akan terjaga seperti yang telah disebutkan dalam Perka BNPB.namun agar kerahasiaan identitas anda dapat lebih terjaga sebaiknya anda memperhatikan hal hal sebagaimana disebutkan disini.

Apakah setiap melakukan pengaduan harus membuat register dan user name baru?

Hal tersebut tidak perlu dilakukan.satu username dapat melakukan pengaduan lebih dari satu. Ketika setelah selesai membuat satu pengaduan,anda dapat membuat pengaduan terkait dengan dugaan pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan lainnya dengan memilih tambah pengaduan.masing masing pengaduan akan mendapatkan nomor register yang berbeda.

Saya sudah mengirimkan pengaduan namun dikemudian hari saya ingin merubah/menambahkan data terkait pengaduan yang saya lakukan,apa yang harus saya lakukan?apakah harus membuat pengaduan baru?

Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun Anda bisa menambahkan data lain terkait pengaduan dengan mengunggah data dalam Bentuk seperti dokumen,foto,video,dan lain sebagainya masing masing dengan ukuran Maksimum 10 MB.untuk melakukan hal tersebut diatas tidak perlu membuat pengaduan Baru.mengunggah data tambahan baru dapat dilakukan dengan login username yang telah Diregistrasikan sebelumnya diaplikasi ini lalu masuk ke halaman pengaduan.dalam halaman Pengaduan,anda memilih pengaduan yang ingin ditambahkan data tambahan kemudian memilih(klik kotak kecil'tambah lampiran pengaduan') dibagian bawah rincian pengaduan.